Abstract:
Pembelajaran satu arah dapat menyebabkan rasa jenuh dan bosan pada siswa sehingga keberhasilan belajar siswa menurun. Model pembelajaran kooperatif versi Student Team Achievement Division (STAD) sangat lazim digunakan oleh banyak guru. Oleh karena itu, ulasan ini dibuat untuk mengkaji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa. Melalui studi literatur, data dikumpulkan dengan cara menjaring artikel-artikel nasional yang terpublikasi secara daring dengan kriteria: (1) penelitian tentang kooperatif tipe STAD dengan metode quasi eksperimen dan (2) subjek penelitian merupakan siswa kelas MIPA SMA. Diperoleh 14 artikel yang memenuhi kriteria tersebut. Setiap artikel dideskripsikan secara singkat hasil penelitiannya. Indikator keberhasilan siswa melalui tipe kooperatif tipe STAD dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa di atas 50%. Ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, serta kemandirian siswa dalam menerima, mengolah, dan menjawab materi pembelajaran.Model pembelajaran ini sangat menarik untuk digunakan dengan menambahkan modifikasi dan inovasi tertentu sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan belajar masing-masing