DSpace Repository

Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Burung Kasuari dan Cenderawasih

Show simple item record

dc.contributor.author Insum Malawat
dc.date.accessioned 2023-03-05T09:47:27Z
dc.date.available 2023-03-05T09:47:27Z
dc.date.issued 2022-02-12
dc.identifier.issn 2828-643X
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/1114
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan menggambarkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam dongeng Burung Kasuari dan Cenderawasih dari Papua. Data penelitian bersifat sekunder karena dipilih secara purposive dari sumber tertulis. Konsep nilai pendidikan karakter yang Digunakan adalah 18 butir nilai pendidikan karakter oleh Kemendiknas. Kajian ini dilakukan dengan dasar bahwa pendidikan karakter harus secara kontinu ditanamkan sejak dini dalam jiwa anak. Dongeng nusantara dapat dijadikan salah satu media edukasi pembentukan karakter anak di sekolah mengingat dongeng merupakan cerminan jatidiri dan karakter bangsa Indonesia. Karakter yang ditunjukan para tokoh dalam dongeng BK dan BC dapat dijadikan contoh bagi anak untuk mengembangkan karakter komunikatif, cinta damai, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, disiplin, dan jujur. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Bahasa Universitas Papua en_US
dc.relation.ispartofseries 1;1
dc.subject pendidikan karakter, dongeng en_US
dc.title Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Burung Kasuari dan Cenderawasih en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account