DSpace Repository

Effect of Cooperative Learning Model Types of Stick Talking Using Simple Props to Higher Order Thinking Skill

Show simple item record

dc.contributor.author Halimatussa’diyah
dc.contributor.author Mujasam
dc.contributor.author Widyaningsih, Sri Wahyu
dc.contributor.author Yusuf, Irfan
dc.date.accessioned 2022-04-19T13:46:08Z
dc.date.available 2022-04-19T13:46:08Z
dc.date.issued 2018-12-01
dc.identifier.issn 2615-2673
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/822
dc.description.abstract Penelitian ini bertujian untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan menggunakan alat peraga sederhana terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi cahaya kelas VIII SMP Yapis Manokwari. Subyek peneltian berjumlah 56 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol (kelas VIIIb) berjumlah 28 peserta didik dan kelas eksperimen (kelas VIIIa) berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu quasi eskperimen design dengan desain non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dianalisis terdistribusi normal dan homogen sehingga uji hipotesisnya menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi = 0,05. Hasil perhitungan dengan sig 2 tailed sebesar 0,000 < = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh hots pada peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan yang diajar menggunakan model konvensional. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan model konvensional juga memiliki pengaruh terhadap hots peserta didik dengan besar yang berbeda. Perbedaan tersebut dilihat pada hasil perhitungan nilai N-gain menunjukkan bahwa uji N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 0,39 dan 0,38 dalam kriteria sedang. Nilai N-gain postest hots pada kelas eksperimen dan kontrol juga sebesar 0,40. Sehingga kelas eksperimen dan kontrol meningkatkan hots. Tetapi nilai postest pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. en_US
dc.publisher Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) en_US
dc.relation.ispartofseries 1;2
dc.subject Alat Peraga Sederhana, Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick en_US
dc.title Effect of Cooperative Learning Model Types of Stick Talking Using Simple Props to Higher Order Thinking Skill en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account