DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe the Power of Two Berbasis Alat Peraga di Kelas VII SMP Yapis Manokwari

Show simple item record

dc.contributor.author Karoror, Irmansyah
dc.contributor.author Widyaningsih, Sri Wahyu
dc.contributor.author Sebayang, Sri Rosepda
dc.contributor.author Yusuf, Irfan
dc.date.accessioned 2022-05-01T04:04:35Z
dc.date.available 2022-05-01T04:04:35Z
dc.date.issued 2020-06-12
dc.identifier.issn 2685-9483
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/831
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two berbasis alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII A SMP YAPIS Manokwari. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur aspek kognitif dan observasi aktivitas peserta didik dalam praktikum untuk mengukur aspek psikomotorik. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis intrumen menggunakan CVR dan CVI untuk melihat validitas dan reliabilitas. Analisis hasil kognitif menggunakan Microsoft Excel dan hasil psikomotorik menggunakan Rasch Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I ketuntasan klasikal pada aspek kognitif sebesar 65%, dan aspek psikomotorik sebesar 84%. Siklus II ketuntasan klasikal pada aspek kognitif sebesar 81%, dan aspke psikomotorik sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe the power of two berbasis alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.publisher Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika en_US
dc.relation.ispartofseries 2;1
dc.subject Hasil belajar, kooperatif tipe the power of two, dan metode PTK en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe the Power of Two Berbasis Alat Peraga di Kelas VII SMP Yapis Manokwari en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account