Abstract:
Pembelajaran satu arah (konvensional) merupakan salah satu faktor menurunnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang berpusat satu arah dapat menyebabkan rasa jenuh dan bosan siswa dalam belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) adalah salah satu model yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di kelas, dimana guru tidak lagi bertindak sebagai penceramah tetapi sebagai fasilitator di dalam proses belajar-mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa melalui pendekatan studi literatur. Metode pembelajaran yang umum digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Proses pembelajaran dikatakan berhasil sangat ditentukan dengan berbagai kondisi guru, siswa, lingkungan serta model pembelajaran yang digunakan selama kegiatan belajarmengajar. Rata-rata prestasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS meningkat di atas 70% dan berada pada kategori tinggi (0,7) dengan pengaruh sebesar > 50%.