DSpace Repository

KAJIAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Dian Oktavia Pandi, Radite Yogaswara, Murtihapsari
dc.date.accessioned 2023-02-13T13:03:09Z
dc.date.available 2023-02-13T13:03:09Z
dc.date.issued 2020-10-31
dc.identifier.issn 2550-0716
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/1071
dc.description.abstract Pembelajaran satu arah (konvensional) merupakan salah satu faktor menurunnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang berpusat satu arah dapat menyebabkan rasa jenuh dan bosan siswa dalam belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) adalah salah satu model yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di kelas, dimana guru tidak lagi bertindak sebagai penceramah tetapi sebagai fasilitator di dalam proses belajar-mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa melalui pendekatan studi literatur. Metode pembelajaran yang umum digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Proses pembelajaran dikatakan berhasil sangat ditentukan dengan berbagai kondisi guru, siswa, lingkungan serta model pembelajaran yang digunakan selama kegiatan belajarmengajar. Rata-rata prestasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS meningkat di atas 70% dan berada pada kategori tinggi (0,7) dengan pengaruh sebesar > 50%. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries 11;2
dc.subject Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share, Prestasi Belajar en_US
dc.title KAJIAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account