DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISON) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SECARA DARING

Show simple item record

dc.contributor.author Murtihapsari, Sri Neni Patandean, Putri Sarera Surbakti, Christiana Niken Larasati, Manuella Tandi Toding
dc.date.accessioned 2023-02-13T23:49:14Z
dc.date.available 2023-02-13T23:49:14Z
dc.date.issued 2021-12-12
dc.identifier.issn 2550-0716
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/1078
dc.description.abstract Pembelajaran daring yang efektif dapat dilakukan melalui penerapan model yang tepat dan sangat tergantung dengan lingkungan belajar. Salah satu model pembelajaran dapat digunakan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievment Division) yang dilakukan secara daring di masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui adanya pengaruh, perbedaan hasil belajar kognitif dari uji T, efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievment Division) terhadap hasil belajar kognitif yang dilaksanakan secara daring menggunakan N-gain dan analisis angket untuk mengetahui efektivitas melalui jawaban responden. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental design dimana desain penelitiannya yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini tidak dapat dipilih secara random. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen dan sampel yang digunakan sejumlah 46 (empat puluh enam) yaitu kelas X IPA 1. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan angket melalui google form. Hasil penelitian ini ditunjukkan adanya pengaruh sebesar 55%, untuk uji T mempunyai nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,00 jadi H1 diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran koopetatif tipe STAD (Student Team Achievment Division) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi reaksi redoks, adanya peningkatan hasil belajar dengan tafsiran efektivitas N-gain sebesar 60% termasuk dalam kategori cukup efektif dan analisis angket untuk jawaban responden masuk kategori cukup baik. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries 12;2
dc.subject Model pembelajaran, kooperatif, STAD, hasil belajar kognitif, reaksi redoks en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISON) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SECARA DARING en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account