Abstract:
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Pada
penelitian ini kemampuan pemecahan masalah siswa dianalisis menggunakan kriteria Krulik dan Rudnick, karena
tahapan ini dapat menjadi alternatif penyelesaian masalah yang efektif dan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Santo Don Bosco Manokwari
berdasarkan kriteria Krulik dan Rudnick pada materi aritmetika sosial mengenai keuntungan dan kerugian.
Metode penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Prosedur
penelitian ini mulai dari penentuan indikator, pengembangan istrumen tes, pengembangan pedoman wawancara,
penentuan subjek, pemberian tes, pengambilan data dan wawancara. Analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu
reduksi daya, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas VIII SMP Santo Don Bosco berdasarkan kriteria Krulik
dan Rudnick dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu: a) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah
matematika kategori tinggi memenuhi lima indikator yaitu membaca dan berpikir, menyelidiki dan merencanakan,
memilih suatu strategi, menemukan penyelesaian dan menggambarkan dan meyampaikan. b) siswa dengan
kemampuan pemecahan masalah matematika kategori sedang memenuhi dua indikator yaitu membaca dan
berpikir, menyelidiki dan merencanakan. c) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kategori
rendah belum memenuhi kelima kriteria.