DSpace Repository

RESPON MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Show simple item record

dc.contributor.author Lisnani1, Benidiktus Tanujaya2
dc.date.accessioned 2023-04-30T10:59:42Z
dc.date.available 2023-04-30T10:59:42Z
dc.date.issued 2021-04-01
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/1848
dc.description.abstract Pandemi COVID-19 telah merubah sistem pendidikan di Indonesia termasuk di perguruan tinggi. Perkuliahan tatap muka diharuskan menjadi pembelajaran system online pada semua mata kuliah, termasuk pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap perkuliahan online di masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan 30 mahasiswa peserta kuliah matematika kelas tinggi sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan melalui kegiatan analisis dokumen, observasi, dan wawancara menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan analisis statistika deskriptif berupa diagram dan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkuliahan online berbentuk penggunaan platform digital, sebagian besar berupa video conference via zoom, cloud meeting, WhatsApp, dan Lumen milik Universitas. Mayoritas mahasiswa tidak menyukai perkuliahan online, walaupun penyampaian materi selama perkuliahan online tidak jauh berbeda dengan perkuliahan tatap muka. Dua alasan utama mereka tidak menyukai perkuliahan online adalah kualitas jaringan internet yang tidak stabil dan kesulitan memahami materi kuliah. en_US
dc.subject Covid-19, pembelajaran online, pembelajaran matematika, respon mahasiswa en_US
dc.title RESPON MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account