Abstract:
Penggunaan model pembelajaran sangat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dari peserta didik. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dalam menyajikan materi sehingga peserta didik merasa jenuh dan kurang memahami materi. Alternatif penggunaan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas. Metode ulasan ini merupakan kajian dari berbagai artikel yang telah terpublikasi nasional pada jurnal ilmiah terakreditasi. Beberapa literatur dikumpulkan yang terkait tema relevan tentang kajian proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Literatur yang dikaji terdapat 24 (dua puluh empat) artikel yang sesuai dengan ulasan ini. Berdasarkan fakta-fakta dari literatur dapat dikatakan bahwa penggunaan model PBL dalam proses pembelajaran terlihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dimana tanggap dalam menyelesaikan masalah tekait materi pelajaran secara aktif, berfikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam menjawab soal.