DSpace Repository

Perbandingan Pengetahuan dan Perilaku Cuci Tangan pada Anak SD Daerah Perkotaan dan Pedesaan di Sorong Tahun 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Sirait, Jolly Gara
dc.contributor.author Prayitno, Ari
dc.contributor.author Pasulu, Soraya
dc.date.accessioned 2020-06-18T01:56:46Z
dc.date.available 2020-06-18T01:56:46Z
dc.date.issued 2019-09-26
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/523
dc.description.abstract Cuci tangan yang benar merupakan perilaku sehat yang paling sederhana untuk dapat menurunkan penyebaran mikroorganisme patogen. Waktu yang sangat tepat untuk mengajarkan kebiasaan ini adalah pada saat seorang anak duduk masih di usia Sekolah Dasar agar dapat menjadi kebiasaan seumur hidup. Papua Barat tergolong ke dalam provinsi yang mengalami peningkatan kejadian diare dan infeksi saluran pernapasan, dengan perilaku cuci tangan yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengetahuan dan perilaku cuci tangan antara anak SD perkotaan dan pedesaan di wilayah Sorong. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan melibatkan 64 siswa SD Inpres 26 Klamono (desa) dan 79 siswa SD Inpres 17 Kota Sorong (Kota) yang dipilih menggunakan metode Consecutive Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan dan perilaku yang telah digunakan dalam penelitian Mayasari FF (2012) dengan nilai Cronbach’s Alpha 83,8%. Median nilai pengetahuan anak SD perkotaan adalah 10,00 (6-13) dan SD pedesaan adalah 9,00 (2-13) dengan perbedaan bermakna (p=0,003). Sedangkan untuk median nilai perilaku anak SD perkotaan adalah 12,00 (6-14) dan SD pedesaan adalah 10,00 (4-14) dengan perbedaan bermakna (p=0,001). Untuk perbandingan tingkat pengetahuan, siswa SD perkotaan sebanyak 78 (98,7%) memiliki tingkat pengetahuan yang baik dan hanya 1 (1,3%) siswa yang memiliki tingkat pengetahuan buruk. Sementara di SD pedesaan, 52 (81,3%) siswa memiliki tingkat pengetahuan baik dan 12 (18,8%) siswa memiliki tingkat pengetahuan buruk dengan perbedaan yang bermakna (p=0,001). Untuk tingkat perilaku siswa SD perkotaan, 75 (94,9%) siswa memiliki tingkat perilaku baik dan 4(5,1%) siswa memiliki tingkat perilaku buruk. Sementara di SD pedesaan 47(73,4%) siswa memiliki tingkat pengetahuan baik dan 17 (26,6%) siswa memiliki tingkat pengetahuan buruk dengan perbedaan yang bermakna (p=0,001). Terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahuan dan perilaku siswa SD perkotaan dengan SD pedesaan, dimana tingkat pengetahuan dan perilaku SD perkotaan lebih baik dibandingkan anak SD pedesaan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Fakultas Kedokteran Unipa en_US
dc.subject Anak SD en_US
dc.subject Perilaku Cuci Tangan en_US
dc.subject Perbandingan Pengetahuan en_US
dc.subject Kota dan Desa en_US
dc.subject Sorong en_US
dc.title Perbandingan Pengetahuan dan Perilaku Cuci Tangan pada Anak SD Daerah Perkotaan dan Pedesaan di Sorong Tahun 2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account