Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji potensi PBI untuk melatih
keterampilan metakognitif siswa SMA. Sebanyak 63 siswa SMA menjadi sample dalam
penelitian eksperimen ini. 30 siswa berada pada kelas eksperimen. 33 siswa berada di
kelas control. Siswa diukur metakognitifnya menggunakan tes uraian berjumlah
sembilan item. Data perbedaan metakognitif siswa dihitung menggunakan Mann Whitney tes. Hasil analisis diperoleh bahwa metakognitif siswa di awal ada sama
(sig. > 0.05). Hasil analisis metakognitif akhir mengungkap bahwa metakognitif siswa
kelas eksperimen dan control adalah berbeda (sig.<0.05). Penelitian ini menyimpulkan
bahwa perbedaan keterampilan metakognitif siswa disebabkan oleh perbedaan
pembelajaran yang digunakan. Siswa terlatih lebih baik metakognitifnya dengan
pembelajaran inkuiri dibanding siswa di bukan pembelajaran inkuiri. Riset ini
merekomendasikan bahwa guru dapat menggunakan pembelajaran inkuiri untuk
memperbaiki keterampilan metakognitif siswanya.