dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal yang ada pada modul laboratorium sekolah 1 menggunakan Racsh Model. Pengujian dilakukan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Papua Semester Genap 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat soal yang terlalu mudah (outlier) yaitu S17 dan S38 dan perlu direvisi. 2) Terdapat 3 soal yang memiliki daya beda yang rendah yaitu soal S11, S17, dan S38. 3) Reliabilitas soal diperoleh hasil 0,62 yaitu pada kategori lemah. 4) Hasil analisis diperoleh nilai Raw variance 30,8% pada kategori baik dan nilai Unexplned variance yaitu 9,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa soal valid secara konstruk. 5) Hasil analisis validitas konten menunjukkan bahwa: tingkat kesulitas soal hanya terdiri dari 2 kelompok yaitu soal yang mudah dan sulit, tingkat ketelitian soal berada pada kategori cukup, terdapat soal yang tidak fit yaitu S50, S41, S44, S40, S37, S45, S36, S47, S43, S32, S27, S28, S31, S42, S12, S20, terdapat soal yang tidak memenuhi kriteria Nilai Output Z-standar (ZSTD) yaitu S50, terdapat soal yang tidak memenuhi standar Nilai Point Measure Correlation (Pt Mean Corr) yaitu soal nomor S41, S42, S12, dan S20 dan terdapat soal yang memiliki nilai Pt Mean Corr minus yaitu soal no 41 yang artinya soal tersebut membinggungkan. Untuk itu maka soal S11, S17, S38, S50, S41, S44, S40, S37, S45, S36, S47, S43, S32, S27, S28, S31, S42, S12, S20, perlu direvisi. |
en_US |