Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PjBL berbasis alat peraga sederhana dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Laboratorium Sekolah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Pre-Experimental Design dengan sampel seluruh mahasiswa semester II yang memprogramkan Laboratorium Sekolah pada Semester Genap 2016/2017 di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga yang dirancang oleh mahasiswa diperoleh nilai 74,0% ± SD 4.2 atau berada dalam kategori yang baik. Penilaian hasil kerja mahasiswa berdasarkan lembar kerja mahasiswa mencakup aspek format, konten, bahasa/tulisan, dan manfaat/fungsi yaitu 80,3% ± SD 7,4 atau berada dalam kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa selama pembelajaran yaitu 66,7% ± SD 4,9 atau berada dalam kategori baik. Oleh karena itu penerapan pembelajaran PjBL berbasis alat peraga sederhana dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.