dc.contributor.author |
Widyaningsih, Sri Wahyu |
|
dc.contributor.author |
Yusuf, Irfan |
|
dc.date.accessioned |
2022-04-18T13:30:32Z |
|
dc.date.available |
2022-04-18T13:30:32Z |
|
dc.date.issued |
2018-06-12 |
|
dc.identifier.issn |
2615-2673 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/816 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PjBL berbasis alat peraga sederhana dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Laboratorium Sekolah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Pre-Experimental Design dengan sampel seluruh mahasiswa semester II yang memprogramkan Laboratorium Sekolah pada Semester Genap 2016/2017 di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga yang dirancang oleh mahasiswa diperoleh nilai 74,0% ± SD 4.2 atau berada dalam kategori yang baik. Penilaian hasil kerja mahasiswa berdasarkan lembar kerja mahasiswa mencakup aspek format, konten, bahasa/tulisan, dan manfaat/fungsi yaitu 80,3% ± SD 7,4 atau berada dalam kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa selama pembelajaran yaitu 66,7% ± SD 4,9 atau berada dalam kategori baik. Oleh karena itu penerapan pembelajaran PjBL berbasis alat peraga sederhana dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. |
en_US |
dc.publisher |
Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
1;1 |
|
dc.subject |
alat peraga sederhana, keterampilan berpikir kritis, PjBL |
en_US |
dc.title |
Project Based Learning Model Based on Simple Teaching Tools and Critical Thinking Skills |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |