DSpace Repository

Pembelajaran PBL Berbantuan Lab-Vir melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Universitas Papua

Show simple item record

dc.contributor.author Yusuf, Irfan
dc.contributor.author Widyaningsih, Sri Wahyu
dc.date.accessioned 2022-04-18T13:54:20Z
dc.date.available 2022-04-18T13:54:20Z
dc.date.issued 2018-09-01
dc.identifier.issn 2441-4838
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/819
dc.description.abstract Salah satu kendala utama pelaksanaan perkuliahan fisika umum di Universitas Papua adalah kurangnya sarana dan prasarana pelaksanan praktikum terutama pada materi fisika yang abstrak seperti materi fisika modern. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Laboratorium Virtual(Lab-Vir) melalui kegiatan Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan PBL berbantuan media Lab-Virmelalui kegiatan Lesson Study pada mata kuliah fisika umum di Universitas Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui tahapan kegiatan Lesson Study. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan rekaman video selama open class berlangsung. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Kegiatan Lesson Study meliputi tiga tahap rangkaian kegiatan pada setiap siklus yaitu Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), dan Refleksi (See). Dalam tahap Plan dilakukan diskusi bersama dengan tim dosen untuk mengembangkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Chapter Disign, dan Lesson Plan. Pada tahapan Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPS yang telah disusun. Dalam tahapan See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen model guna mengungkap kelemahan dan kelebihan untukditindaklanjuti pada pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas, kerjasama, dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran meningkat serta suasana pembelajaran menjadi lebih hidup. Olehnya itu dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran PBL berbantuan media Lab-Vir melalui kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah fisika umum dibanding sebelumnya. en_US
dc.publisher JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) en_US
dc.relation.ispartofseries 6;2
dc.subject PBL, Lab-Vir, Lesson Study, Kualitas Pembelajaran. en_US
dc.title Pembelajaran PBL Berbantuan Lab-Vir melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Universitas Papua en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account