DSpace Repository

Contribution Analisis of Scientific Attitudes Towards Student Achievements Department of Physics Education in Universitas Papua

Show simple item record

dc.contributor.author Iklashi, Rafy
dc.contributor.author Mujasam
dc.contributor.author Yusuf, Irfan
dc.contributor.author Widyaningsih, Sri Wahyu
dc.date.accessioned 2022-04-20T00:37:12Z
dc.date.available 2022-04-20T00:37:12Z
dc.date.issued 2019-12-01
dc.identifier.issn 2615-2673
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/826
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif assosiatif yaitu mendeskripsikan hasil pengukuran sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa. Sampel pada penelitian ini yaitu 21 orang mahasiswa yang mengisi angket sikap ilmiah yang dibagikan melalui google form. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non tes dan dokumentasi. Teknik non tes berupa pemberian angket sikap ilmiah kepada mahasiswa. Angket tersebut diisi secara online melalui google form yang dirancang sehingga mahasiswa dapat mengisi kapan pun dan dimana pun mereka berada. Teknik dokumentasi berupa penelusuran indeks prestasi mahasiswa melalui laman sistem terpadu Universitas Papua. Hasil penilaian respon mahasiswa dianalisis menggunakan pemodelan Rusch menggunakan aplikasi Winstep. Digunakan teknik analisis Spearman's rho melalui aplikasi SPSS untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar. Hasil pengukuran pengaruh sikap ilmiah terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diperoleh nilai signifikasi 0,539 lebih besar dari nilai signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap ilmiah terhadap IPK mahasiswa. Sikap ilmiah mahasiswa juga diperoleh hasil yang relatif rendah. Rendahnya hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua perlu dilatih untuk mengembangkan sikap ilmiah. en_US
dc.publisher Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) en_US
dc.relation.ispartofseries 2;2
dc.subject Sikap Ilmiah, IPK, dan Korelasi en_US
dc.title Contribution Analisis of Scientific Attitudes Towards Student Achievements Department of Physics Education in Universitas Papua en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account