Abstract:
pembelajaran fisika, sebagian konsep tidak dapat diekplorasi melalui eksperimen dan observasi langsung terutama konsep-konsep yang abstrak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan visualisasi yang interaktif melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengaruh visualisasi/media virtual tentang fenomena Compton Scattering melalui Project Based Learning terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pola non-equivalent pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji hipotesis menggunakan uji t-polling varian. Peningkatan pemahaman konsep berdasarkan hasil uji N-gain. Hasil penelitian kelas peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada kedua. Kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain masing-masing 55,79% dan 12,84%. Oleh karena itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media virtual dengan model PjBL pada materi Hamburan Compton.