dc.contributor.author |
Swandi, Ahmad |
|
dc.contributor.author |
Rahmadaningsih, Sri |
|
dc.contributor.author |
Yusuf, Irfan |
|
dc.contributor.author |
Widyaningsih, Sri Wahyu |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-01T09:58:42Z |
|
dc.date.available |
2022-05-01T09:58:42Z |
|
dc.date.issued |
2021-06-01 |
|
dc.identifier.issn |
2615-2673 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/834 |
|
dc.description.abstract |
pembelajaran fisika, sebagian konsep tidak dapat diekplorasi melalui eksperimen dan observasi langsung terutama konsep-konsep yang abstrak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan visualisasi yang interaktif melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengaruh visualisasi/media virtual tentang fenomena Compton Scattering melalui Project Based Learning terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pola non-equivalent pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji hipotesis menggunakan uji t-polling varian. Peningkatan pemahaman konsep berdasarkan hasil uji N-gain. Hasil penelitian kelas peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada kedua. Kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain masing-masing 55,79% dan 12,84%. Oleh karena itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media virtual dengan model PjBL pada materi Hamburan Compton. |
en_US |
dc.publisher |
Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
4;1 |
|
dc.subject |
hamburan compton, pemahaman konsep, PjBL, media virtual |
en_US |
dc.title |
Exploring the Compton Scattering Phenomenon with Virtual Learning Under Project Based Learning Model (PjBL) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |