DSpace Repository

Exploring the Compton Scattering Phenomenon with Virtual Learning Under Project Based Learning Model (PjBL)

Show simple item record

dc.contributor.author Swandi, Ahmad
dc.contributor.author Rahmadaningsih, Sri
dc.contributor.author Yusuf, Irfan
dc.contributor.author Widyaningsih, Sri Wahyu
dc.date.accessioned 2022-05-01T09:58:42Z
dc.date.available 2022-05-01T09:58:42Z
dc.date.issued 2021-06-01
dc.identifier.issn 2615-2673
dc.identifier.uri http://repository.unipa.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/834
dc.description.abstract pembelajaran fisika, sebagian konsep tidak dapat diekplorasi melalui eksperimen dan observasi langsung terutama konsep-konsep yang abstrak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan visualisasi yang interaktif melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengaruh visualisasi/media virtual tentang fenomena Compton Scattering melalui Project Based Learning terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pola non-equivalent pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji hipotesis menggunakan uji t-polling varian. Peningkatan pemahaman konsep berdasarkan hasil uji N-gain. Hasil penelitian kelas peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada kedua. Kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain masing-masing 55,79% dan 12,84%. Oleh karena itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media virtual dengan model PjBL pada materi Hamburan Compton. en_US
dc.publisher Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) en_US
dc.relation.ispartofseries 4;1
dc.subject hamburan compton, pemahaman konsep, PjBL, media virtual en_US
dc.title Exploring the Compton Scattering Phenomenon with Virtual Learning Under Project Based Learning Model (PjBL) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account